√ Juknis Kemitraan Penyelenggara Aktivitas Kesetaraan Dengan Keluarga Dan Masyarakat

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Berdasarkan Petunjuk Teknis Kemitraan Penyelenggara Program Kesetaraan dengan Keluarga dan Masyarakat bahwasannya orang bau tanah yaitu pendidik utama dan terpenting, namun juga yang paling tak tersiapkan. Pasalnya, mereka harus mencari sendiri isu dan pengetahuan wacana bagaimana menumbuhkan dan mendukung pendidikan bawah umur mereka dalam kondisi positif.

Selama ini, jikalau berbicara pendidikan maka fokus pembicaraan hanya kerap jatuh kepada siswa dan guru. Sementara orangtua ibarat diabaikan dalam pendidikan. Padahal, orang bau tanah mempunyai tugas sangat besar dalam pendidikan anak. Keberhasilan pendidikan anak bergantung kepada keterlibatan keluarga. Banyak penelitian pertanda bahwa keterlibatan orang bau tanah di satuan pendidikan bermanfaat, antara lain: (1) bagi akseptor didik mendukung prestasi akademik, meningkatkan kehadiran, kesadaran terhadap kehidupan yang sehat, dan meningkatkan sikap positif; (2) bagi orang bau tanah memperbaiki pandangan terhadap satuan pendidikan, meningkatkan kepuasan terhadap guru, dan mempererat hubungan dengan anak; dan (3) bagi satuan pendidikan memperbaiki iklim satuan pendidikan, meningkatkan kualitas satuan pendidikan, dan mengurangi duduk perkara kedisiplinan.

Satuan PNF, SKB dan PKBM tidak sanggup menunjukkan semua kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan akseptor didiknya, sehingga diharapkan keterlibatan bermakna dari orangtua/keluarga dan anggota masyarakat. Warga berguru pendidikan kesetaraan sanggup berguru dengan lebih baik jikalau lingkungan sekitarnya mendukung, yakni orang tua, tutor, dan anggota keluarga lain serta masyarakat sekitar. Artinya, satuan PNF, SKB dan PKBM, keluarga, dan masyarakat merupakan “tri pusat pendidikan” yang sangat penting untuk sanggup menjamin pertumbuhan anak secara optimal. Untuk itu, perlu dibangun kemitraan antara satuan PNF, SKB dan PKBM, keluarga, dan masyarakat.


Kemitraan antara satuan PNF, SKB dan PKBM dengan keluarga dan masyarakat dalam membangun ekosistem pendidikan sejalan dengan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu “Terbentuknya manusia serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong”. Oleh sebab itu, diharapkan kemitraan antar tri pusat pendidikan tersebut sanggup berjalan dengan baik dan bermakna.

Sebagai unsur dalam ekosistem yang terdekat dengan anak, keluarga mempunyai banyak kesempatan melalui interaksi dan komunikasi sehari-hari. Bentuk dan cara-cara interaksi dengan anak di dalam keluarga akan memengaruhi pertumbuhan aksara anak. Proses interaksi yang diterima anak dari keluarga inilah yang akan dipakai oleh anak sebagai dasar untuk proses perkembangan selanjutnya di luar rumah, termasuk di forum PNF, SKB dan PKBM dan masyarakat.

Banyak praktik yang baik (good practise) wacana pendidikan bagi orang bau tanah yang didukung oleh riset dan bukti lapangan yang telah dilakukan oleh banyak sekali gerakan masyarakat, institusi (termasuk satuan pendidikan formal dan satuan pendidikan nonformal), perguruan tinggi. Praktik-praktik baik ini perlu disebarluaskan supaya menjadi acuan bagi satuan pendidikan.

Adapun daftar isi dalam buku panduan / Juknis Kemitraan Penyelenggara Program Kesetaraan Dengan Keluarga dan Masyarakat yaitu sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Dasar Hukum
C. Tujuan
D. Sasaran

BAB II KONSEP DAN BENTUK KEMITRAAN
A. Pengertian
B. Tujuan Program Kemitraan
C. Model Kemitraan
D. Prinsip Kemitraan
E. Bentuk Kemitraan
F. Peran Pelaku Kemitraan

BAB III STRATEGI PELAKSANAAN KEMITRAAN
A. Perencanaan Program Kemitraan
B. Pengorganisasian Program Kemitraan
C. Pelaksanaan Program Kemitraan
D. Supervisi dan Evaluasi Program Kemitraan

BAB IV PEMBINAAN KEMITRAAN
A. Pembinaan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
B. Pembinaan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

BAB V PENUTUP

DAFTAR TABEL
Tabel 3.1 Program Kegiatan
Tabel 3.2 Agenda Pertemuan Wali Kelas dengan Orang Tua Pada Hari Pertama Masuk Sekolah
Tabel 3.3 Daftar Hadir Pertemuan Wali Kelas dengan Orang tua/Wali
Tabel 3.4 Data Orang tua/Wali
Tabel 3.5 Kegiatan yang Dilakukan di Rumah
Tabel 3.6 Agenda Pertemuan Ke...Wali Kelas dengan Orang tua/Wali
Tabel 3.7 Indikator Pelibatan Keluarga di Sekolah
Tabel 3.8 Indikator Penumbuhan Budi Pekerti

DAFTAR INFOGRAFIS
Infografis 1.1 Sasaran Pendidikan Keluarga
Infografis 2.1 Model Operasional Kemitraan Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat
Infografis 3.1 Contoh Jadwal Pelibatan Orang Tua/Wali (Keluarga) di Sekolah

Download/unduh selengkapnya Juknis Kemitraan Penyelenggara Program Kesetaraan Dengan Keluarga dan Masyarakat, silahkan klik pada tautan yang tersedia di bawah ini:


0 Response to "√ Juknis Kemitraan Penyelenggara Aktivitas Kesetaraan Dengan Keluarga Dan Masyarakat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel