√ Panduan Cara Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2019 Lengkap

Sahabat Operator Dapodik yang berbahagia... Berikut panduan / cara untuk instalasi aplikasi Dapodik V. 2019 untuk entry data pokok pendidikan sekolah kita pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2019 ini menurut Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2019, selengkapnya sebagai berikut:

a. Kode Registrasi dan Akun Petugas Pendataan

Sebelum memulai proses instalasi aplikasi Dapodik Versi 2019, petugas pendataan harus memastikan telah mempunyai isyarat pendaftaran dan akun Petugas Pendataan yang akan dipakai dalam proses instalasi.  

b. Unduh Aplikasi Dapodik

Aplikasi Dapodik V. 2019 dikala ini tersedia dalam bentuk file installer yang merupakan hasil perbaikan dan pengembangan dari aplikasi versi sebelumnya. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodik Versi 2019, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1)   Jalankan peramban web (Google Chrome atau Mozilla Firefox), kemudian ketikkan http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh di address bar.
2)   Klik hidangan "Unduh" dan klik Installer Dapodik Versi 2019 ibarat di bawah ini, kemudian simpan di lokal komputer/laptop.


Gambar. Halaman unduh Aplikasi Dapodik Versi 2019

c. Generate Prefill Aplikasi Dapodik

Generate prefill yaitu tahapan untuk mengambil database awal sekolah dari server biar sanggup diregistrasikan di aplikasi Dapodik secara offline (dalam bentuk file .prf). Generate prefill merupakan database hasil sinkronisasi terakhir sekolah.

Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, dikala ini proses generate prefill sanggup dilakukan sesudah pengguna berhasil login memakai username, password, dan isyarat pendaftaran Dapodik sekolah yang aktif.

Gambar. Halaman aplikasi prefill

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai langkah-langkah melaksanakan generate ulang prefill, baiknya pengguna mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan umum generate ulang prefill.  

Berikut ini beberapa ketentuan terkait Generate Ulang Prefill:

1)   Generate prefill yaitu tahapan untuk mengambil database awal sekolah dari server biar sanggup diregistrasikan di aplikasi Dapodik secara offline.
2)   Generate prefill merupakan database hasil sinkronisasi terakhir sekolah.
3)   Masukkan username, password yang usang dan isyarat pendaftaran sesuai di aplikasi Dapodik, Jika lupa username/password silakan hubungi admin dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) untuk dilakukan reset ulang.
4)   Untuk sekolah baru, hubungi admin dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) untuk mengaktivasikan username dan password.
5)   Saat pendaftaran di aplikasi, isi username dan password sesuai pada dikala unduh prefill.
6)   Registrasi awal masuk ke dalam aplikasi sanggup dilakukan tanpa harus memakai prefill, dengan syarat harus online/terhubung internet.
7)   Dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) sanggup membantu melaksanakan generate prefill sekolah di daerahnya masing-masing untuk membantu sekolah-sekolah dengan keterbatasan infrastruktur (internet, SDM, komputer, listrik, dll) dengan memakai akun di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
8)   Jangan lakukan pendaftaran dengan memakai prefill kadaluarsa (lama). Jika ingin pindah ke komputer lain lakukan siklus "sinkronisasi > generate prefill ulang". (untuk mencegah duplikasi data)
9)   Kode registrasi, username dan password sanggup di-reset oleh admin dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) bila diharapkan (terjadi pergantian petugas pendataan).

Selengkapnya, untuk memulai proses generate prefill silakan lakukan langkah-langkah di bawah berikut:

1)   Jalankan peramban web (Google Chrome atau Mozilla Firefox), kemudian ketikkan http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh di address bar.
2)   Pilih hidangan Data Prefill.
3)   Pilih jenjang yang sesuai.
4)   Masukkan username, password, dan isyarat registrasi.

Gambar. Formulir prefill

Username dan password yang dipakai untuk mengunduh prefill yaitu yang terdaftar terakhir dan tersimpan di server Pusat. Jika terdapat ketidaksesuaian data ketika melaksanakan proses generate prefill, lakukan konfirmasi dengan operator Dapodik di dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK).  

Dinas kabupaten/kota sanggup membantu melaksanakan generate ulang prefill sekolah di daerahnya masing-masing untuk membantu sekolah-sekolah dengan keterbatasan infrastruktur (internet, SD, komputer, listrik, dll) dengan memakai akun khusus dinas kabupaten/kota di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id  

5)   Setelah berhasil memasukkan username, password, dan isyarat registrasi, klik “Generate”. Tunggu proses generate selesai.


Gambar. Proses generate prefill

6)   Setelah proses generate prefill selesai, selanjutnya akan tampil jendela ibarat pada gambar.

Gambar. Pembuatan prefill selesai dilakukan

7)   Klik “Download” dan simpan prefill tersebut di drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.

Gambar. Unduh prefill dan cara penempatan di folder prefill_dapodik

d. Pengaturan Waktu pada Komputer

Langkah berikutnya yaitu melaksanakan pengaturan waktu pada komputer. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan proses sinkronisasi data berjalan lancar. Selengkapnya silakan ikuti langkah-langkah berikut:
1) Klik waktu yang terdapat di taskbar (pojok kanan bawah), kemudian klik “Date and time settings”.

Gambar. Pengaturan waktu dan tanggal

2) Tampil hidangan date and time settings, kemudian klik “Change” dan sesuaikan dengan waktu dikala ini.

Gambar. Rincian pengaturan dan tanggal

3) Selanjutnya, pastikan zona waktu yang dipilih yaitu zona waktu yang sesuai dengan wilayah setempat. Contoh untuk pengisian zona waktu WIB (Waktu Indonesia Barat) pilih zona waktu (UTC+07:00 Bangkok, Hanoi, Jakarta).

Gambar. pengaturan zona waktu

e. Program Pengamanan dinonaktifkan

Agar proses instalasi aplikasi Dapodik sanggup berjalan dengan lancar, beberapa kegiatan pengamanan perlu dinonaktifkan, contohnya:

1) Deep Freeze: harus dinonaktifkan.
2) Antivirus yang menciptakan service database tidak berjalan sebagaimana seharusnya contohnya Avast, Avira, Symantec, Antivir harus dinonaktifkan atau dihapus. Antivirus yang disarankan yaitu Windows Defender atau Microsoft Essentials. Antivirus ini sanggup diunduh di laman resmi Windows dan tidak berbayar.
3) Windows Firewall dinonaktifkan bila ingin memakai entri data dengan memakai jaringan.

Cara menonaktifkannya adalah:

Gambar. Menonaktifkan firewall

f. Menyiapkan Kode Registrasi Aplikasi Dapodik

Kode pendaftaran yaitu “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode pendaftaran diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bagi sekolah yang telah terdaftar di PDSP-K dan mempunyai NPSN. Kode pendaftaran didapat dari dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) atau dengan cara login ke laman SDM di http://sdm.data.kemdikbud.go.id. Jika belum mempunyai akun di http://sdm.data.kemdikbud.go.id, maka petugas pendataan di sekolah harus segera melaksanakan pendaftaran dengan melampirkan surat tugasnya sebagai Petugas Pendataan Dapodik.
Setelah mengambil isyarat pendaftaran sekolah dari laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id maka pastikan isyarat pendaftaran tersimpan dan tercatat dengan baik serta tidak membagi/memberitahukan isyarat pendaftaran ini pada pihak yang tidak berkepentingan, jadi isyarat pendaftaran sifatnya RAHASIA.

Untuk sekolah gres dan belum mempunyai Kode registrasi, maka mekanisme untuk memperoleh Kode pendaftaran Aplikasi Dapodik yaitu sebagai berikut:

1)   Sekolah harus telah mempunyai NPSN yang diterbitkan oleh PDSP-K.
2)   Petugas pendataan melaksanakan pendaftaran atau mendaftar di laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id dengan melampirkan Surat Tugas atau SK Operator (file dalam bentuk *.pdf).
3)   Petugas pendataan sanggup mengecek status approve atau persetujuan dari admin di PDSP-K.
4)   Jika statusnya telah di-generate, maka petugas pendataan sanggup melihat dan mengambil Kode pendaftaran pada laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id sebagaimana dijelaskan di atas.
LANGKAH-LANGKAH INSTALASI APLIKASI DAPODIK VERSI 2019

Setelah semua tahapan persiapan instalasi dilakukan, maka langkah selanjutnya yaitu melaksanakan instalasi dengan menjalankan file full installer yang telah diunduh. Panduan ini memakai aplikasi dapodik V.2019.

Proses instalasi dengan status normal akan berlangsung cukup usang yaitu sekitar 15 menit. Selengkapnya ikuti langkah-langkah sebagai berikut:  

1) Siapkan file installer yang sudah diunduh. Sebelum melaksanakan instalasi, sangat disarankan untuk menutup kegiatan lainnya.


Gambar. File installer

2) Klik ganda file installer, bila muncul security warning, pilih “Yes” atau untuk komputer dengan sistem operasi windows dengan versi tertentu, klik “Run Anyway”.

3) Selanjutnya akan ditampilkan tampilan jendela aplikasi Dapodik, pilih “Lanjut”.

Gambar. Jendela instalasi Dapodik

4) Pada jendela perjanjian persetujuan, pilih “Saya Setuju” dan klik “Lanjut”.

Gambar. Perjanjian persetujuan

5) Selanjutnya pada jendela “Pilih lokasi tujuan” dan secara default otomatis akan mengarahkan lokasi instalasi di “C:\Program Files(x86)\Dapodik”. Pilih “Lanjut”.

Gambar. Lokasi tujuan instalasi aplikasi

6) Pilih folder Start Menu. Secara default, sistem akan otomatis mengisi “Dapodik”. Pilih “Lanjut”.

Gambar. Folder Start Menu aplikasi

7) Masuk ke jendela persiapan memasang aplikasi Dapodik, klik “Pasang” untuk memulai proses instalasi aplikasi.

Gambar. Jendela persiapan pemasangan aplikasi

8) Proses instalasi aplikasi Dapodik sedang berjalan. Tunggu sampai proses pemasangan ini selesai.

Gambar. Proses pemasangan aplikasi

9) Untuk mengakhiri proses pemasangan aplikasi Dapodik, klik “Selesai”.

Gambar. Mengakhiri pemasangan aplikasi

10) Setelah proses instalasi maka akan muncul ikon aplikasi Dapodik di halaman desktop. Klik ganda pada ikon untuk membuka aplikasi.  

Gambar . Cara membuka aplikasi Dapodik Versi 2019

0 Response to "√ Panduan Cara Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2019 Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel