√ Persiapan Pendataan Dapodikdasmen Tahun Pelajaran 2019/2019
Sahabat Operator Dapodik SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB yang berbahagia... Berikut share info penting terkait dengan aplikasi Dapodikdasmen di selesai tahun pelajaran 2019/2019 sekaligus persiapan pendataan di aplikasi Dapodik pada tahun pelajaran 2019/2019 mendatang yang saya bagikan dari situs resmi Dapodik Dirjen Dikdasmen yang ditujukan kepada seluruh Bapak/Ibu Kepala LPMP, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/kota, Kepala SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB, serta Rekan-rekan Operator Dapodik SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB di seluruh Indonesia, selengkapnya sebagai berikut:
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada ketika ini kita memasuki selesai Tahun Pelajaran 2019/2019 dan menjelang memasuki Tahun Pelajaran Baru 2019/2019 pada bulan Juli 2019 nanti. Pergantian tahun pelajaran ialah momen besar bagi sekolah dimana sekolah telah meluluskan dan mengantarkan anak didiknya untuk menempuh pendidikan di jenjang berikutnya. Sejalan dengan itu juga terjadi proses kenaikan tingkat pada para siswa dan telah juga melaksanakan proses penerimaan siswa baru. Sebuah pekerjaan besar yang akan terus berulang setiap tahunnya.
Semua proses periodikal yang dilaksanakan tersebut juga harus diikuti dengan melaksanakan proses dan pemutakhiran data pada sistem pendataan Dapodik, oleh hasilnya pergantian tahun fatwa gres juga merupakan momen penting bagi pendataan Dapodik. Secara teknis akan dilakukan beberapa proses transaksi dalam rangka pemutakhiran data pada tahun pelajaran yang baru. Untuk itu beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para Operator Dapodik sebagai berikut:
1. Sinkronisasi Aplikasi Dapodik Versi 2019c Sampai Dengan Tanggal 30 Juni 2019.
Operator Dapodik biar segera menuntaskan input data nilai Rapor dan melaksanakan sinkronisasi sebelum tanggal 30 Juni 2019 pukul 23.59 WIB. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Dikdasmen Nomor: 3623/D.D1/TU/2019 perihal Perpanjangan Batas Waktu Pengisian Nilai Rapor di Dapodik bahwa tenggat waktu pengisian nilai rapor dilanjutkan hingga tanggal 30 Juni 2019.
2. Server Dapodikdasmen akan OFF Mulai Tanggal 30 Juni 2019.
Sehubungan akan dilakukannya maintenance rutin pada Server Dapodikdasmen, maka server akan down mulai tanggal 30 Juni 2019 pukul 00.00 WIB. Sekolah TIDAK DIIZINKAN melaksanakan sinkronisasi.
3. Proses Kelulusan dan Input Data Siswa Baru dilakukan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d
Pada ketika ini tengah dilakukan pengujian Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.d yang dipersiapkan untuk pemutakhiran data di Tahun Pelajaran 2019/2019. Maka proses periodical berupa proses meluluskan siswa tahun pelajaran 2019/2019, proses kenaikan kelas, dan proses memasukkan data siswa gres tahun pelaran 2019/2019 dilakukan sesudah versi gres ini dirilis.
4. Tunggu Pengumuman Resmi Rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d.
Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.d akan dirilis secara resmi di awal tahun pelajaran 2019/2019 dan akan diumumkan secara resmi pada laman: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id . Rilisnya versi gres ini sekaligus menandai mulai beroperasinya server Dapodikdasmen secara normal dan proses sinkronisasi dengan memakai Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d sanggup dilakukan.
5. Gunakan Formulir F-PD untuk mendukung PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru).
Aplikasi Dapodikdasmen telah menyediakan Formulir F-PD untuk menjaring data awal Peserta Didik. Formulir F-PD merupakan instrumen pendataan untuk mengefektifkan proses penjaringan data awal dan proses input data pada Aplikasi Dapodik.
Akhirnya, kami segenap Keluarga Besar Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, khususnya Tim Dapodikdasmen mengucapkan Selamat Idul Fitri 1438 H. Teriring ucapan: “Taqobalallahu Minnaa wa Minkum, Minal ‘Aidin wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Batin, ” Demikian informasi kami sampaikan. Atas perhatian dan kolaborasi Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
0 Response to "√ Persiapan Pendataan Dapodikdasmen Tahun Pelajaran 2019/2019"
Post a Comment