√ Panduan / Cara Cek Nomor Dan Data Penerima Ukg Tahun 2019

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Guru mempunyai posisi strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Pencanangan guru sebagai profesi oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 4 Desember 2004, memperkuat tugas guru dalam pelaksanaan pendidikan. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 perihal Guru dan Dosen secara eksplisit mengamanatkan adanya pelatihan dan pengembangan profesi guru secara berkelanjutan sebagai aktualisasi dari sebuah profesi pendidik. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dilaksanakan bagi semua guru, baik yang sudah bersertifikat maupun belum bersertifikat.

Berkaitan dengan kegiatan tersebut, pemetaan kompetensi yang secara detail menggambarkan kondisi objektif guru dan merupakan warta penting bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan terkait dengan materi dan seni administrasi pelatihan yang dibutuhkan oleh guru. Peta guru tersebut sanggup diperoleh melalui uji kompetensi guru (UKG). Sasaran kegiatan seni administrasi pencapaian sasaran RPJMN tahun 2019–2019 antara lain yaitu meningkatnya kompetensi guru dan tenaga kependidikan dilihat dari Subject Knowledge dan Pedagogical Knowledge yang diharapkan akan berdampak pada kualitas hasil berguru siswa. Oleh sebab itu untuk mengukur capaian RPJMN, maka pada tahun 2019 UKG akan dilaksanakan bagi seluruh guru di Indonesia.

Hasil UKG tahun 2019 ini akan diintegrasikan dengan kegiatan Penilaian Kinerja Guru dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan sebagaimana diamanatkan dalam Permenpan dan RB Nomor 16 Tahun 2009 sebagai persyaratan kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru. Pengembangan keprofesian berkelanjutan dikoordinasikan oleh PPPPTK menurut identifikasi peta kompetensi guru yang diketahui dari hasil UKG . UKG ini akan menjadi kegiatan rutin bagi guru untuk mengetahui level kompetensi guru sebagai materi pertimbangan kegiatan peningkatan profesi guru. Dengan demikian, guru nantinya diharapkan tidak resisten terhadap UKG dan akan menjadi terbiasa selalu ingin mengetahui level kompetensi melalui UKG dan senantiasa menginginkan kompetensinya untuk diukur secara berkala.

Hasil UKG ini selain dipakai sebagai dasar dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan dan evaluasi kinerja guru, dipakai juga sebagai warta awal untuk menganalisis forum pendidikan guru. Untuk itu, sistem dan prosedur pelaksanaan UKG akan disempurnakan dan dikembangkan secara terus menerus guna memperlihatkan bantuan dalam pengembangan kualitas sumber daya insan melalui pembangunan pendidikan.


Sehubungan dengan diperlukannya nomor UKG di tahun 2019 khususnya untuk pelaksanaan PKB (Program Keprofesian Berkelanjutan) bagi Rekan-rekan guru yang lupa atau kehilangan arsip nomor UKG pada tahun 2019, berikut cara gampang untuk mencari dan menemukan nomor UKG Anda, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.   Kunjungi links situs https://app.simpkb.id/akun/ptk

2.   Masukkan nama Guru dengan benar

3.   Pilih Provinsi dan Kabupaten/Kota



4.   Klik “Cari GTK

5.   Selesai

Demikian panduan / cara gampang untuk mencari dan menemukan nomor UKG. Semoga bermanfaat dan terimakasih... ...!

0 Response to "√ Panduan / Cara Cek Nomor Dan Data Penerima Ukg Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel