√ Persiapan Rilis Aplikasi Dapodik Sd, Smp, Sma, Smk Dan Slb Tahun Pelajaran 2019/2019

Sahabat Operator Dapodik SD, SMP, SMA, Sekolah Menengah kejuruan dan SLB se-Indonesia yang berbahagia...

Berdasarkan info resmi yang dirilis dari situs Dapodik yang mulai tahun pelajaran 2019/2019 ini merupakan portal Data Pokok Pendidikan secara nasional untuk jenjang pendidikan dasar sekaligus menengah yakni SD, SMP, SMA, Sekolah Menengah kejuruan dan SLB yang ditujukan kepada Yth. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala Sekolah, Operator Dapodik di Seluruh Nusantara selengkapnya sebagai berikut:

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hari Senin Tanggal 18 Juli 2019 yakni Hari Pertama Sekolah di Tahun Pelajaran 2019/2019, hari dimulainya proses pembelajaran di tahun pelajaran baru. Pergantian tahun pelajaran yakni momen besar bagi sekolah di mana sekolah telah meluluskan dan mengantarkan anak didiknya untuk menempuh pendidikan di jenjang berikutnya, juga telah melaksanakan proses kenaikan tingkat pada siswa-siswanya dan telah juga membuka proses penerimaan siswa baru. Sebuah pekerjaan besar yang akan terus berulang setiap tahunnya.

Semua proses periodikal yang dilaksanakan tersebut juga harus diikuti dengan melaksanakan proses dan pemutakhiran data pada sistem pendataan Dapodik, oleh risikonya pergantian tahun aliran gres juga merupakan momen penting bagi pendataan Dapodik. Di awal tahun aliran Operator Dapodik akan melaksanakan proses kelulusan, proses kenaikan kelas, memasukkan data siswa gres dan melaksanakan pemutakhiran terhadap seluruh data-data periodik.

Memasuki Tahun Pelajaran Baru 2019/2019 ini Aplikasi Dapodik juga akan memasuki kala baru, di mana akan dirilis Aplikasi Dapodik 2019. Aplikasi Dapodik 2019 yakni pengembangan dan penggabungan dari Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK, jadi Aplikasi Dapodik 2019 sanggup dipakai untuk sekolah jenjang SD, SMP, SLB, Sekolah Menengan Atas dan SMK. Secara teknis Aplikasi Dapodik 2019 juga mendapatkan pengembangan dan perubahan yang cukup banyak, baik dari sisi tampilan, pengembangan mekanisme Registrasi maupun penambahan fitur dan atribut-atribut data gres lainnya.

Guna mendukung kesuksesan dan kelancaran sekolah dalam melaksanakan pemutakhiran data memakai Aplikasi Dapodik 2019 ini, maka perlu dilakukan beberapa persiapan dan pemahaman biar proses update versi aplikasi maupun proses pemutakhiran data berjalan lancar. Berikut yakni beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh sekolah:

1. PERSIAPAN KOMPUTER SERVER

Sebagaimana diketahui bahwa pendataan Dapodik telah terintegrasi dengan banyak sekali system lain untuk melayani kebutuhan data transaksional di Lingkungan Kemendikbud. Maka aplikasi Dapodik harus senantiasa di update dan up grade dari sisi fitur dan teknologinya untuk memenuhi banyak sekali tuntutan tersebut. Maka dari itu dari sisi teknis kompleksitas Aplikasi Dapodik terus mengalami peningkatan, dimana hal ini menuntut spesifikasi teknis dari komputer yang cukup baik biar Aplikasi Dapodik sanggup berjalan dengan optimal. Berikut yakni spesifikasi teknis yang disarankan:

A. Spesifikasi perangkat keras yang diharapkan adalah:

Processor minimal Pentium Core Duo
Memory minimal 2 GigaByte
Storage tersisa minimal 400 MegaByte
CD/DVD drive bila instalasi melalui media CD/DVD

B. Spesifikasi perangkat lunak yang diharapkan adalah:

1.   Windows 7 32 & 64 Bit
2.   Windows 8 32 & 64 Bit
3.   Windows 8.1 32 & 64 Bit
4.   Windows 10 32 & 64 Bit
5.   Layar Monitor dengan resolusi minimal 1024 x 768

C. Terpasang web Browser versi baru

·       Mozilla Firefox
·       Google Chrome
·       Opera
·       Comodo
·       UC Browser

2. PERSIAPAN SDM, KODE REGISTRASI DAN AKUN APLIKASI DAPODIK

Peran Operator Dapodik sangatlah penting sebagai pelaku utama operasional Aplikasi Dapodik. Bagi sekolah yang pada tahun pelajaran gres ini juga memiliki/menunjuk Operator Dapodik yang gres maka Kepala Sekolah diharapkan segera menerbitkan SK penugasannya.

SK tersebut segera didaftarkan ke Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) melalui laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/.  Dengan SK penugasan tersebut operator sanggup melaksanakan verifikasi dan validasi data pokok pendidikan.

Pada Aplikasi Dapodik 2019 database nya telah dilakukan upgrade versi untuk mengakomodir perkembangan kebutuhan. Maka untuk memakai Aplikasi Dapodik 2019 sekolah yang sebelumnya memakai Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB versi 4.1.1 dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK versi 8.4.0 harus melaksanakan install ulang memakai Installer Dapodik 2019 dan melaksanakan pendaftaran ulang kembali.

Terdapat pengembangan pada methodology pendaftaran pada Aplikasi Dapodik 2019, yaitu sanggup dilakukan secara Off Line dan On Line. Secara garis besar methode Off Line dilakukan dengan mendownload prefill sedangkan methode On Line pendaftaran dilakukan secara on line tanpa perlu mendownload prefill sebelumnya. Untuk keperluan pendaftaran ini maka Operator Dapodik harus menyiapkan:

A. Kode Registrasi

Siapkan Kode Registrasi aktif untuk sekolah masing-masing, instruksi pendaftaran akan diharapkan untuk melaksanakan download prefill atau pendaftaran on line. Untuk Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan instruksi pendaftaran sanggup dilihat pada laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Sedangkan untuk SD, Sekolah Menengah Pertama dan SLB sanggup meminta/menanyakan ke KKdatadik di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

B. Akun Aplikasi Dapodik

Siapkan akun aplikasi Dapodik berupa user dan password yang telah diregistrasikan pada aplikasi Dapodik versi sebelumnya (Dapodik SD/SMP/SLB 4.1.1 dan Dapodik SMA/SMK 8.4.0) dan telah terdaftar di server Dapodik Pusat. Akun berupa user dan password ini akan diharapkan untuk melaksanakan download prefill atau pendaftaran on line. Bagi operator gres (SD/SMP/SLB/SMA/SMK) sanggup meminta user dan password Aplikasi Dapodik dari operator usang atau meminta dibuatkan akun gres kepada:

- KKdatadik Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
- Tim Support Dapodikdasmen Pusat

3. Persiapan Data

Di tahun pelajaran 2019/2019 yang gres tentunya banyak sekali data-data di Aplikasi Dapodik yang harus di lakukan  pemutakhiran dan data gres yang harus dimasukkan. Untuk membantu Operator Dapodik dalam mengumpulkan data awal dan validasi data kepada pemilik data ( peserta didik, GTK, sarpras, dll) maka telah disiapkan formulir pendataan. Formulir pendataan yang telah diisi dan di validasi oleh pemilik data akan menjadi dasar bagi Operator Dapodik dalam entry data dan pemutakhiran data di Aplikasi Dapodik.

Di Aplikasi Dapodik 2019 juga ada penambahan validasi data Kartu Indonesia Pintar (KIP), oleh risikonya sekolah sanggup mulai mendata siswanya yang telah mendapatkan KIP. Validasi data akan mencakup Nomor KIP dan Nama yang tertera di KIP.


0 Response to "√ Persiapan Rilis Aplikasi Dapodik Sd, Smp, Sma, Smk Dan Slb Tahun Pelajaran 2019/2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel