√ Mengidentifikasi Gosip Teks Jawaban (Lukisan Kebun Cengkeh Affandi)

Halo sahabat bahasa, Artikel kali ini ialah kelanjutan dari pembahasan pada artikel sebelumnya yaitu perihal bagaimana cara memuji yang santun, bagaimana memuji yang tepat, bagaimana perilaku kita ketika mendapatkan pujian, bagaimana mengkritik yang santun, dan sebagainya. Hal ini ialah bab dari teks tangggapan yang akan dibahas kali ini.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mengkritik dan memuji ialah kegiatan memperlihatkan pendapat. Kegiatan beropini ini merupakan bentuk jawaban terhadap sesuatu baik itu karya seni, karya sastra, maupun pendapat seseorang.
 Artikel kali ini ialah kelanjutan dari pembahasan pada artikel sebelumnya yaitu perihal  √ MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS TANGGAPAN (Lukisan Kebun Cengkeh Affandi)
Nah! Pembahasan kali ini dikhususkan untuk mengidentifikasi gosip dalam Teks Tanggapan Tentang Karya Seni Lukis Oleh Affandi Yang Berjudul "Kebun Cengkeh", dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2018.
Tujuan pertanyaan ini gotong royong untuk membangun pemahaman kita perihal teks jawaban sekaligus untuk menggali gosip dalam teks tersebut. Berikut teks dan pertanyaannya.

Sebuah karya seni kelas tinggi dari sang pelukis maestro Affandi, melukiskan sebuah pemandangan alam perkebunan cengkeh, area perkebunan berbukit yang masih alami tampak terlukis apa adanya dari alam, untuk menghidupkan suasana pada lukisan, dihadirkannya figur insan sebagai objek pendukung, tetapi inti dari lukisan, yang memperlihatkan adanya kegiatan kehidupan yang menyatu degan alam. Ekspresi gesekan khas affandi terlihat unik, yang menyebabkan lukisan ini istimewa.

Seperti pada kebanyakan lukisan Affandi yang selalu menempatkan matahari sebagai bab dari objek utama, tetapi dalam lukisan ini, penempatan matahari tampak unik, seolah sang pelukis mengambil perspektif posisi dibalik matahari. Tampak dalam lukisan matahri tidak di balik bukit, tetapi di atas bukit dan menutupi bukit. Keunikan ini mungkin hanya dimiliki oleh Affandi, sebagai cara sudut pandang beliau dalam berekspresi, di mana kualitas imajinasinya sebagai seorang pelukis maestro ternama.

Yuk, kita bahas semoga lebih paham perihal teks tanggapan!

Karya apakah yang ditanggapi?

Dalam teks di atas sudah terang bahwa yang ditanggapi ialah sebuah karya seni berupa lukisan.

Siapa yang menghasilkan karya tersebut?

Yang menghasilkan karya tersebut sudah terang seorang pelukis maestro Affandi
Siapa yang menanggapi?

Orang yang sanggup menanggapi lukisan tentu saja ialah seorang penikmat atau pengagum karya seni lukis dan paham perihal bagaimana memperlihatkan jawaban yang baik. Kamu pun sanggup menanggapi sebuah karya seni.

Bagaimana bentuk tanggapannya?
Bagaimana cara menanggapinya?

Kata kunci untuk menjawab kedua pertanyaan di atas ialah kata bentuk dan cara.

Penjelasan kata kunci

Bentuk tanggapan berkaitan dengan pujian atau kritikan. Apakah teks di atas berbentuk kebanggaan atau berbentuk kritikan. Ada baiknya dijelaskan lagi perihal kebanggaan dan kritikan.

Kritikan ialah jawaban atau pertimbangan baik atau jelek terhadap sesuatu yang dikritik. Dalam hal ini karya seni.
Pujian ialah bentuk kekaguman atau penghargaan terhadap sesuatu yang di anggap baik, indah, anggun dan sebagainya.

Setelah memahami pengertian di atas tentunya kau sudah sanggup menyimpulkan bentuk tanggapannya yaitu berupa kebanggaan karya seni.

Cara menanggapi berkaitan dengan urutan penyajian tanggapan. Tanggapan tersebut dimulai dengan apa ... dilanjutkan dengan apa ..... dan diakhiri dengan apa .....

Nah! menurut klarifikasi di atas tentunya kau sudah sanggup menjelaskan bagaimana cara menanggapinya.
Kalimat pertama dalam jawaban di atas berbentuk teks deskripsi atau penggambaran perihal objek.
Silakan dilanjutkan menurut pemahaman masing-masing!

Ingat!!! Lubangnya tidak terlalu dalam. Tangan kitalah yang terlalu pendek!
Demikianlah pembahasan tentang MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS TANGGAPAN (Lukisan Kebun Cengkeh Affandi). Semoga bermanfaat!

0 Response to "√ Mengidentifikasi Gosip Teks Jawaban (Lukisan Kebun Cengkeh Affandi)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel