√ Referensi Soal Dan Tanggapan Teks Pidato Persuasif Terbaru


Pidato persuasif merupakan seni mengungkapkan pikiran secara terang dan logis. Pidato persuasif tergolong dalam genre teks eksposisi alasannya ialah dipakai untuk meyakinkan pembaca atau pendengar dengan menyajikan argumen dari satu sudut pandang. 

Tujuan pidato persuasif ialah untuk meyakinkan audiens untuk melaksanakan sesuatu. berikut ialah pola soal wacana pidato persuasif.


CONTOH SOAL DAN JAWABAN "TEKS PIDATO PERSUASIF" TERBARU

Pidato persuasif merupakan seni mengungkapkan pikiran secara terang dan logis √ CONTOH SOAL DAN JAWABAN TEKS PIDATO PERSUASIF TERBARU

1. Cara memersuasi di bawah ini yang memakai pendekatan akhlak adalah…
a.“Daur ulang ialah langkah yang sempurna untuk dilakukan. Dengan membuang-buang sumber daya yang terbatas, kita sama saja sedang melaksanakan tindakan amoral yaitu merampok masa depan para generasi penerus”.
b. “Coba pikirkan berapa banyak hewan-hewan di luar sana yang kehilangan rumahnya setiap hari alasannya ialah pohon-pohon selalu ditebang. Dengan menerapkan kegiatan daur ulang, kita sanggup menyelamatkan hutan indah yang menjadi rumah mereka”
c. “Anda tentu tahu bahwa sumber daya alam yang tersedia sangatlah terbatas. Anda dan saya, kita, sanggup membuatnya bertahan lebih usang dengan menerapkan kegiatan daur ulang".
d.“Jika anda tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya, tolong berhenti merusaknya!”.

“Di sini anda ialah delegasi Negara-negara anda. Pengusaha, anggota perhimpunan, wartawan, atau politisi. Akan tetapi, bergotong-royong anda ialah ayah, ibu, saudara laki-laki, saudara perempuan, paman, bibi, dan anda semua ialah anak dari seseorang”.
2. Kalimat di atas merupakan cara memersuasi dengan memakai pendekatan …
a.    Etika
b.    Logika
c.    Emosi
d.    Persuasi

“Saat ini Bangsa kita tengah menghadapi dilema yang sangat serius, yaitu menurunnya moral di kalangan remaja. Banyak sampaumur yang sudah terpengaruh oleh perilaku hidup hedonis dan kehidupan yang mengabaikan nilai-nilai dan norma yang berlaku di negara yang kita cintai ini.”
3. Kalimat di atas ialah bab pembukaan pidato yang bertujuan untuk…
a.    Merebut perhatian audiens
b.    Menunjukan kelayakan berbicara
c.    Menyampaikan tujuan
d.    Menunjukkan hubungan dengan audiens

Mari kita lanjutkan perjuangan, beri derma pada janji pemerintah dalam membangun sekolah menyenangkan, serta jaga stamina raga, rasa, dan cipta Ibu dan Bapak semua. Izinkan saya pamit sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, teriring rasa terima kasih, juga permohonan maaf tak terhingga atas segala khilaf yang ada. Salam hormat saya untuk Ibu dan Bapak semua. Mari kita teruskan ikhtiar mencerdaskan kehidupan bangsa ini.
4. Penggalan pidato di atas merupakan bab …
a.    Pembuka
b.    Penutup
c.    Isi
d.    Tujuan

… perlombaan yang dimaksud yaitu baca puisi pada tanggal 13 Mei 2018, menulis cerpen pada tanggal 14 Mei 2018, dan pementasan drama pada tanggal 16 Mei 2018.
5. Kalimat yang sempurna untuk melengkapi potongan pidato dengan tema kegiatan              sekolah tersebut …
a.  Kegiatan menyambut hari ulang tahun sekolah kita meriahkan dengan perlombaan seni.
b.    Perlombaan menyambut hari ulang tahun sekolah kita laksanakan sangat sederhana dengan aneka macam perlombaan seni.
c.    Festival menyambut perayaan hari ulang tahun sekolah kita berjalan lebih cepat dan sangat sederhana
d.  Perlombaan menyambut hari ualang tahun sekolah kita berlangsung lancer tanpa gangguan apapun.

(1)Saya merasa takut berada di bawah sinar matahari alasannya ialah berlubangnya lapisan ozon. (2)Saya merasa takut untuk bernapas alasannya ialah saya tidak tahu ada materi kimia apa yang dibawa oleh udara. (3) Saya sering memancing di Vancouver bersama ayah saya, hingga Beberapa tahun yang kemudian kami menemukan bahwa ikan-ikannya penuh dengan kanker. (4) Sekarang kami mendengar bahwa binatang-binatang dan flora satu persatu mengalami kepunahan tiap harinya hilang selamanya.
6. Kalimat yang memakai model repetisi pada kutipan pidato persuasif di atas ialah …
a.    1 dan 2
b.    2 dan 3
c.    3 dan 4
d.    2 dan 4

Dengan pendidikan kalian akan mendapat ilmu. Ilmu tersebut sanggup kalian jadikan bekal untuk masa depan. Ilmu merupakan harta yang takkan pernah habis. Uang dan harta yang kau miliki sewaktu-waktu sanggup habis. Namun, ilmu sanggup kalian bawa hingga mati.
7.      Paragraf di atas merupakan ciri struktur pidato persuasif yaitu …
a.    Pendapat atau pendirian
b.    Pernyataan posisi
c.    Tahap argumen
d.    Penguatan pernyataan posisi

Akhirnya, menyerupai halnya diajarkan oleh agama bahwa kebersihan ialah bab dari Iman, meski konteks fatwa tersebut tidak hanya mencerminkan kebersihan jasmani, tapi juga mencerminkan kebersihan rohani, setidaknya dengan adanya kesadaran kita semua akan kebersihan lingkungan sekolah, agar saja kita menjadi salah satu bab yang mengakibatkan sekolah kita sebagai kawasan yang membawa kita terus menjaga keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.
8.      Kutipan teks pidato di atas menggambarkan ciri struktur …
a.    Pendapat atau pendirian
b.    Pernyataan posisi
c.    Tahap argumen
d.    Penguatan pernyataan posisi

Lingkungan sekolah seharusnya sanggup mencerminkan budaya kita yang selalu mengedepankan kenyamanan. Pencerminan budaya di lingkungan sekolah akan berdampak positif bagi masyarakat sekolah. Alangkah tidak bijaknya kalau lingkungan sekolah kita terlihat kotor dan terasa tidak nyaman lagi.
Lingkungan sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga dikala kita belajar, kita tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan adanya sampah. Oleh alasannya ialah itu, saya sebagai bab dari sekolah ini sangat menginginkan terus dijaganya kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai.
9.  Bagian struktur pidato persuasif yang ditonjolkan pada kutipan di atas ialah …
a.    Pendapat atau pendirian
b.    Pernyataan posisi
c.    Tahap argumen
d.    Penguatan pernyataan posisi
10. Kata mencerminkan, pencerminan, kenyamanan dan ketidaknyamanan merupakan ciri kebahasaan teks pidato persuasif yaitu…
a.    Bentuk pasif
b.    Nominalisasi (pembendaan)
c.    Kosa kata teknis
d.    Kata kiprah (konjungsi)
11. Kalimat yang memakai bentuk pasif  pada kutipan teks pidato di atas adalah…
a. Lingkungan sekolah seharusnnya mencerminkan budaya kita yang selalu mengedepankan kenyamanan.
b.    Alangkah tidak bijaknya kalau lingkungan sekolah kita terlihat kotor dan terasa tidak nyaman lagi.
c.   Lingkungan sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga dikala kita belajar, kita tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan adanya sampah.
d.   Oleh alasannya ialah itu, saya sebagai bab dari sekolah ini sangat menginginkan terus dijaganya kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai.

Pada hari ini kita memperingati Hari Pendidikan Nasional. Pada kesempatan ini saya ingin mengemukakan Beberapa hal yang berdasarkan saya penting untuk kalian. Pendidikan sangat penting dalam hidup ini.
Dengan pendidikan kalian akan mendapat ilmu. Ilmu tersebut sanggup kalian jadikan bekal untuk masa depan. Ilmu merupakan harta yang takkan pernah habis. Uang dan harta yang kau miliki sewaktu-waktu sanggup habis. Namun, ilmu sanggup kalian bawa hingga mati.
Perlu kalian ketahui bahwa di luar sana masih banyak anak lain yang sangat merindukan pendidikan. Namun mereka tidak mempunyai biaya untuk meraih pendidikan.
Oleh alasannya ialah itu, kalian harus berguru dengan ulet dan jangan sia-siakan kesempatan yang kalian peroleh.
12Tema pidato di atas yang sempurna ialah …
a.    Pentingnya pendidikan bagi insan dalam hidup.
b.    Pentingnya hari pendidikan bagi seluruh siswa sekolah.
c.    Cara memanfaatkan kesempatan untuk belajar.
d.    Pentingnya menuntut ilmu hingga ke jenjang yang lebih tinggi.


DOWNLOAD


Silakan klik tombol di atas untuk download soal dan kunci jawaban. Demikian wacana CONTOH SOAL DAN JAWABAN "TEKS PIDATO PERSUASIF" TERBARU. Semoga bermanfaat!

0 Response to "√ Referensi Soal Dan Tanggapan Teks Pidato Persuasif Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel