√ Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah Sd, Smp, Sma/Smk Dan Sederajat
Sahabat Edukasi yang berbahagia... Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikkan Nasional Nomor 13 tahun 2007 wacana Standar Kepala Sekolah/Madrasah, diamanatkan bahwa seorang kepala sekolah harus mempunyai standar kompetensi yang sudah ditetapkan. Kompetensi meliputi: Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Manajerial, Kompetensi Kewirausahaan, Kompetensi Supervisi, dan Kompetensi Sosial.
Pada tahun 2019, dalam rangka pemetaan kompetensi Kepala Sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayakan menyelenggarakan uji kompetensi Kepala Sekolah yang diikuti oleh 166.333 kepala sekolah dari jenis, jenjang, dan masa kerja yang bervariasi. Nilai rerata 3 kompetensi Kepala Sekolah yakni 56,37, untuk dimensi manajerial yakni 58,55, untuk dimensi supervisi pembelajaran yakni 51,81, untuk dimensi kewirausahaan yakni 58,75. Data tersebut memperlihatkan bahwa Kepala Sekolah membutuhkan perhatian yang lebih serius dalam peningkatan kompetensi untuk setiap dimensi kompetensi.
Terkait dengan hal tersebut, dalam rangka mewujudkan Kepala Sekolah /Madrasah yang berkompeten, maka perlu disusun Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah sebagai pedoman dalam melaksanakan kiprah dan fungsinya tersebut. Seiring dengan perubahan kebijakan dan kebutuhan di lapangan, Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah berisi klarifikasi wacana pelaksanaan kiprah kepala sekolah/madrasah. Tugas ini sangat bersahabat kaitannya dengan peningkatan kompetensi.
Panduan kerja ini diharapkan sanggup dijadikan contoh bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, Pengawas Sekolah, dan para pemangku kepentingan pendidikan lainnya dalam melaksanakan training bagi Kepala Sekolah/Madrasah.
Pemerintah telah memutuskan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 wacana Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 wacana Standar Nasional Pendidikan (SNP). SNP dijadikan dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu.
Ruang lingkup Standar Nasional Pendidikan mencakup standar: isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian. Standar-standar tersebut merupakan contoh dan kriteria dalam memutuskan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Penerapan standar nasional pendidikan merupakan serangkaian proses untuk memenuhi tuntutan mutu pendidikan nasional. Pelaksanaannya diatur secara bertahap, terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.
Dalam proses pemenuhan standar tersebut diharapkan sejumlah indikator pencapaian untuk mempermudah dalam melaksanakan aktivitas pendidikan. Dan aktivitas operasional pendidikan berada di tingkat satuan pendidikan (sekolah) dalam upaya menghasilkan lulusan yang bermutu. Sekolah dipimpin oleh kepala sekolah yang mempunyai kiprah strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah.
Kepala Sekolah sebagai pemimpin harus mampu:
1) mendorong timbulnya kemauan yang besar lengan berkuasa dengan penuh semangat dan percaya diri kepada para guru, staf dan penerima didik dalam melaksanakan tugasnya masing-masing;
2) memberikan bimbingan dan mengarahkan para guru, staf dan para penerima didik, serta menawarkan dorongan, memacu dan bangkit di depan demi kemajuan dan menawarkan wangsit dalam mencapai tujuan.
Untuk sanggup melaksanakan fungsinya tersebut di atas, Kepala Sekolah harus:
1. memiliki taktik yang sempurna untuk meningkatkan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan di sekolahnya;
2. memiliki taktik yang sempurna untuk memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan melalui kolaborasi atau kooperatif, memberi kesempatan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kemampuan profesinya, dan mendorong keterlibatan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan dalam aneka macam aktivitas yang menunjang tujuan sekolah;
3. memiliki korelasi sangat bersahabat dengan aneka macam pihak yang terkait dengan upaya peningkatan mutu sekolah dan mendukung keterlaksanaan seluruh jadwal sekolah dan produktivitas sekolah;
4. melakukan pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga pendidikan;
5. mampu menawarkan petunjuk dan pengarahan, meningkatkan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan, membuka komunikasi dua arah, dan mendelegasikan kiprah secara proporsional;
6. memiliki taktik yang sempurna untuk menjalin korelasi yang serasi dengan lingkungan, mencari gagasan baru, mengintegrasikan setiap kegiatan, menawarkan teladan kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah, dan membuatkan model-model pembelajaran yang inovatif;
7. memiliki taktik yang sempurna untuk menawarkan motivasi kepada para pendidik dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan aneka macam kiprah dan fungsinya; dan
8. menjadi figur teladan yang sanggup dijadikan contoh dan teladan bagi pendidik dan tenaga kependidikan maupun penerima didik;
Pelaksanaan kiprah pokok kepala sekolah harus sanggup diukur melalui evaluasi kinerja kepala sekolah. Penilaian kinerja sebagaimana dimaksud meliputi:
1. usaha pengembangan sekolah yang dilakukan selama menjabat kepala sekolah;
2. peningkatan kualitas sekolah menurut 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan selama di bawah kepemimpinan yang bersangkutan;
3. perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut pengawasan pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah dalam upaya training dan bimbingan kepada guru;
4. usaha pengembangan profesionalisme sebagai kepala sekolah. Untuk melaksanakan kiprah pokoknya secara efektif dan efisien, kepala sekolah memerlukan panduan kerja.
Panduan kerja kepala sekolah ini menawarkan rambu-rambu kepada kepala sekolah dalam melaksanakan kiprah pokoknya dan mempermudah kepala sekolah dalam mempersiapkan training dan evaluasi yang dilakukan oleh pengawas sekolah dan dinas pendidikan. Berdasarkan uraian di atas, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, menawarkan perhatian terhadap peningkatan kinerja kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan melalui penerbitan Panduan Kerja Kepala Sekolah.
Download/unduh selengkapnya Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah SD, SMP, SMA/SMK dan Sederajat di bawah daftar isi berikut ini:
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR DIAGRAM
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Landasan Hukum
C. Tujuan
D. Manfaat
E. Ruang Lingkup
BAB II TUGAS POKOK KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN SEKOLAH
A. Tugas Pokok
B. Usaha Pengembangan Sekolah
1. Menyusun Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah
2. Pengembangan Struktur Organisasi Sekolah
3. Langkah Strategis Pengembangan Sekolah
4. Menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah
5. Menyusun Rencana Kerja Tahunan dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah
BAB III PENINGKATAN MUTU SEKOLAH
A. Mutu Sekolah Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan
B. Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengawasan Program Peningkatan Mutu Sekolah
C. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
D. Penilaian Kinerja Guru dan Sasaran Kerja Pegawai
E. Melaksanakan Pengawasan dan Evaluasi
1. Program Pengawasan
2. Evaluasi
BAB IV PENERAPAN KEPEMIMPINAN DAN KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH
A. Pengantar
B. Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah
C. Penerapan Kewirausahaan
D. Penilaian Kinerja Guru dan Sasaran Kerja Pegawai
E. Melaksanakan Pengawasan dan Evaluasi
BAB V PENGAWASAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH
A. Pengawasan Pengelolaan Pembelajaran
1. Supervisi Akademik
2. Teknik supervisi akademik
3. Langkah Operasional
B. Pengembangan Profesi Kepala Sekolah
BAB V PENUTUP
DAFTAR TABEL
Tabel 2.1 Langkah Operasional Penyusunan Visi Misi dan Tujuan Sekolah
Tabel 2.2 Langkah Operasional Pengembangan Struktur Organisasi Sekolah
Tabel 2.3 Langkah Operasional Penyusunan EDS
Tabel 2.4 Instrumen EDS
Tabel 2.5. Menu Lembar Kerja Evaluasi Diri Sekolah
Tabel 2.6 Tampilan di jadwal excel Instrumen Rekomendasi TPS
Tabel 2.7 Penyusunan Rencana Jangka Menengah
Tabel 2.8 Sistematika Dokumen RKJM
Tabel 2.9 Format Komponen Prioritas
Tabel 2.10 Penyusunan Rencana Kerja Tahunan
Tabel 2.11 Sistematika Dokumen RKT
Tabel 2.12 Format RKAS
Tabel 3.1 Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengawasan
Tabel 3.2 Sistematika dokumen KTSP
Tabel 4.1 Langkah Operasional Penerapan Kepemimpinan
Tabel 4.1 Langkah Operasional Penerapan Kewirausahaan
Tabel 5.1 Penyusunan Perencanaan Supervisi Akademik
Tabel 5.2 Penyusunan Perencanaan Supervisi Akademik
Tabel 5.3 Penyusunan Perencanaan Supervisi Akademik
Tabel 5.4 Langkah Operasional Pengembangan Diri
Tabel 5.5 Langkah Operasional Pengembangan Publikasi Ilmiah
Tabel 5.6 Langkah Operasional Pengembangan Karya Inovatif
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 Visi, Misi, dan Tujuan
Lampiran 2 Contoh Struktur Organisasi Sekolah
9. Contoh Uraian Jabatan, Uraian Tugas, dan Wewenang/Tanggung Jawab
Lampiran 3 Contoh Hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
Lampiran 4 Contoh Format Analisis SWOT
1. Contoh Analisis SWOT Kesiswaan
2. Analisis SWOT Bidang Kurikulum dan Pembelajaran
3. Analisis SWOT Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan
4. Analisis SWOT Bidang Sarana Prasarana
5. Analisis SWOT Bidang Budaya Sekolah dan Kemitraan
Lampiran 5 Analisis Situasi Internal (Kekuatan dan Kelemahan)
Lampiran 6 Analisis Situasi Eksternal (Peluang dan Ancaman)
Lampiran 7 Contoh Analisis Kesenjangan
Lampiran 8 Analisis Kondisi Nyata Sekolah
A. Analisis Standar Nasional Pendidikan
1. Analisis Standar Isi
2. Analisis Standar Kompetensi Lulusan
a. SKL Satuan Pendidikan
b. SKL Kelompok Matapelajaran
c. Contoh Pemetaan Keterlaksanaan Analisis Standar Kompetensi Lulusan
3. Analisis Standar Proses
4. Analisis Standar Penilaian
5. Analisis Standar Pengelolaan
6. Contoh Analisis Kepemimpinan Sekolah
7. Contoh Analisis Standar Sarana Prasarana
B. Analisis Kondisi Satuan Pendidikan
C. Analisis Kondisi Lingkungan Satuan Pendidikan
Lampiran 9 Contoh Format Rencana Kerja Sekolah (RKJM)
Lampiran 10 Contoh Format RKAS
Lampiran 11 Contoh Sistematika Tingkat Satuan Pendidikan
Lampiran 12 Contoh Kalender Pendidikan
Lampiran 13 Contoh Peraturan Sekolah
Lampiran 14 Kode Etik Guru Indonesia
Lampiran 15 Contoh Sistematika Program Kesiswaan
Lampiran 16 Contoh Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Lampiran 17 Contoh Analisis Kebutuhan Tenaga Kependidikan
Lampiran 18 Sistematika Program Sarana Prasarana
Lampiran 19 Sistematika Program Budaya dan Suasana Pembelajaran Sekolah
Lampiran 20 Format Naskah Perjanjian Kerja sama Program Pemberdayaan
Lampiran 21 Sistematika Program Persiapan Akreditasi
Lampiran 22 Sistematika Program Sistem informasi Manajemen
Lampiran 23 Instrumen Penilaian Kinerja Guru
Lampiran 24 Contoh Jurnal Sekolah
Lampiran 25 Contoh Format Evaluasi Keterlaksanaan Program
Lampiran 26 Contoh Format Sistem Administrasi Sekolah
Lampiran 27 Contoh Format Jadwal Kegiatan Sekolah
Lampiran 28 Contoh Format Perhitungan Hari Sekolah dan Libur Sekolah
Lampiran 29 Contoh Format Perhitungan Kalender Pendidikan
Lampiran 30 Contoh Format Daftar Keadaan Siswa
Lampiran 31 Contoh Format Laporan Kenaikan Tingkat/Keluar/Lulus
Lampiran 32 Contoh Format Daftar Keadaan Siswa Menurut Tingkat
Lampiran 33 Contoh Format Buku Catatan Penilaian Pegawai Negeri Sipil
Lampiran 34 Contoh Lembar Pengantar Surat Rutin
Lampiran 35 Contoh Kartu Kendali
Lampiran 36 Contoh Lembar Pengantar Surat Rahasia
Lampiran 37 Sistematika Program Pengawasan/Pengelolaan Akademik
Lampiran 38 Teknik Pemantauan Pengelolaan Akademik
Lampiran 39 Rencana Jadwal Supervisi Akademik
Lampiran 40 Format Penelaahan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Lampiran 41 Instrumen Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran
Lampiran 42 Format Rencana Tindak Lanjut Supervisi Akademik
DAFTAR DIAGRAM
Diagram 2.1 Alur Strategi Kegiatan Kerja Pengembangan Sekolah
Diagram 2.2 EDS dengan skala prioritas
Diagram 3.1 Pola Pikir Peningkatan Mutu 8 SNP
Diagram 3.2 Alur Prosedur Kerja Penyusunan KTSP
Diagram 4.1 Kepemimpinan Pembelajaran
0 Response to "√ Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah Sd, Smp, Sma/Smk Dan Sederajat"
Post a Comment