√ Aliran Pelaksanaan Kiprah Guru Tik/Kkpi Smp/Mts, Sma/Ma, Dan Smk/Mak
Sahabat Edukasi yang berbahagia... Pedoman Kerja Guru TIK dan KKPI bersarkan Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru TIK dan KKPI yang telah diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2019 perihal Peran Guru Teknologi Informasi (TIK) dan Komunikasi dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) dalam Implementasi Kurikulum 2013 menegaskan arti pentingnya kiprah guru TIK dan guru KKPI.
Agar kiprah guru TIK dan guru KKPI sanggup direalisasikan dengan baik, diharapkan pemahaman yang sama antara banyak sekali pihak yang berkepentingan perihal pemenuhan beban kerja bagi guru TIK dan
guru KKPI. Oleh alasannya yaitu itu, diharapkan sebuah pedoman yang sanggup menjadi teladan bagi guru, pengawas, kepala sekolah, dinas pendidikan kabupaten/kota, dinas pendidikan provinsi, dan unsur lain yang terkait dengan pelaksanaan kiprah guru TIK dan guru KKPI.
Pedoman ini disusun sebagai teladan dalam pelaksanaan pemenuhan beban kerja dan kewajiban guru TIK dan guru KKPI yang memuat beban kerja, kewajiban dan uraian kiprah guru TIK dan guru KKPI. Mudah-mudahan dengan adanya kejelasan kiprah guru TIK dan guru KKPI, mutu pembelajaran di sekolah menjadi lebih baik.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum yaitu seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan aktivitas pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, ada dua dimensi kurikulum, yang pertama yaitu rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran, sedangkan yang kedua yaitu cara yang dipakai untuk aktivitas pembelajaran.
Kurikulum 2013 yang diberlakukan secara penuh dan serentak mulai tahun pedoman 2019/2019 memenuhi kedua dimensi tersebut. Implikasi dari pernyataan tersebut yaitu bahwa penyusunan dan pelaksanaan Kurikulum 2013 oleh satuan pendidikan harus memperhatikan kebutuhan, karakteristik dan potensi satuan pendidikan (internal) serta lingkungan di tempat setempat. Sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pembelajaran, Kurikulum 2013 memuat komponen-komponen yang berkaitan dengan pembelajaran. Salah satu dari komponen tersebut yaitu struktur dan muatan kurikulum.
Muatan kurikulum 2013 mencakup sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban mencar ilmu bagi penerima didik, muatan lokal, dan aktivitas pengembangan diri pada satuan pendidikan. Kurikulum 2013 dikembangkan dengan penyempurnaan pola pikir sebagai berikut.
1. Pola pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada penerima didik. Peserta didik harus mempunyai pilihan-pilihan terhadap materi yang dipelajari untuk mempunyai kompetensi yang sama.
2. Pola pembelajaran satu arah (interaksi guru-peserta didik) menjadi pembelajaran interaktif (interaktif guru-peserta didik-masyarakat-lingkungan alam, sumber/ media lainnya).
3. Pola pembelajaran terisolasi menjadi pembelajaran secara jejaring (peserta didik sanggup menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana saja yang sanggup dihubungi serta diperoleh melalui internet).
4. Pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif- mencari (pembelajaran siswa aktif mencari semakin diperkuat dengan model pembelajaran pendekatan sains).
5. Pola mencar ilmu sendiri/mandiri menjadi mencar ilmu kelompok (berbasis tim).
6. Pola pembelajaran alat tunggal menjadi pembelajaran berbasis alat multimedia.
7. Pola pembelajaran berbasis massal menjadi kebutuhan pelanggan (users) dengan memperkuat pengembangan potensi khusus yang dimiliki setiap penerima didik.
8. Pola pembelajaran ilmu pengetahuan tunggal (monodiscipline) menjadi pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidisciplines).
9. Pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran kritis.
Di dalam pencapaian tujuan pembelajaran sesuai kurikulum 2013, kiprah TIK menjadi sangat penting bagi guru dan penerima didik dalam mencari, mengolah, menyimpan, menyajikan, mengembangkan data dan informasi dalam rangka untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran.
Mengingat guru merupakan ujung tombak pendidikan, mereka dituntut untuk mempunyai kemampuan di bidang TIK sebagaimana tertera dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 perihal Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Selain itu, untuk mewujudkan suasana pembelajaran dan proses pembelajaran aktif, diharapkan guru memanfaatkan banyak sekali sumber mencar ilmu biar potensi penerima didik sanggup dikembangkan secara maksimal untuk mewujudkan tujuan pendidikan.
Dalam rangka untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang mendukung potensi penerima didik dalam pelaksanaan kurikulum, pembelajaran di sekolah perlu didukung dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang sanggup mengekplorasi sumber mencar ilmu secara efektif dan efisien dengan memaksimalkan kiprah guru TIK dan guru KKPI di sekolah.
Download/unduh selengkapnya Buku Panduan Kerja/Tugas Guru TIK dan KKPI pada tautan yang tersedia di bawah daftar isi yang termuat dalam buku tersebut di bawah ini:
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
B. LANDASAN HUKUM
C. TUJUAN
D. RUANG LINGKUP
E. SASARAN
BAB II DESKRIPSI TUGAS GURU TIK DAN KKPI
A. KEWENANGAN PEMBIMBINGAN TIK/KPPI
B. PERAN DAN KEWAJIBAN
C. BEBAN KERJA
D. HAK
E. URAIAN TUGAS GURU TIK
F. BENTUK BIMBINGAN DAN FASILITASI TIK
BAB III PROGRAM BIMBINGAN DAN FASILITASI TIK
A. PROGRAM BIMBINGAN TIK
B. PROGRAM FASILITASITIK BAGI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
C. URAIAN PROSEDUR KERJA
BAB IV PENUTUP
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1: Contoh Program Kerja Bimbingan dan Fasilitasi TIK
Lampiran 2: Ruang Lingkup Materi Bimbingan dan Fasilitasi TIK
Lampiran 2a: Contoh Materi Bimbingan TIK Bagi Peserta Didik
Lampiran 2b: Contoh Materi Fasilitasi TIK Bagi Sesama Guru
Lampiran 2c: Contoh Materi Fasilitasi TIK Bagi Tenaga Kependidikan
Lampiran 3: Contoh Rumusan Kompetensi Bimbingan TIK
Lampiran 4: Contoh Silabus Bimbingan TIK Bimbingan TIK
Lampiran 5: Contoh Program Tahunan TIK
Lampiran 6: Contoh Program Semester TIK
Lampiran 7: Contoh Format Rencana Pelaksanaan Bimbingan TIK
Lampiran 8: Contoh Format Kartu Bimbingan TIK
Lampiran 9.a: Contoh Instrumen Penilaian Sikap Bimbingan TIK
Lampiran 9.b: Contoh Instrumen Penilaian Pengetahuan Bimbingan TIK
Lampiran 9.C: Contoh Instrumen Penilaian Ketrampilan Bimbingan TIK
Lampiran 10: Contoh Daftar Nama Peserta Didik Bimbingan TIK
Lampiran 11: Contoh Laporan Capaian Kompetensi Bimbingan TIK
Lampiran 12: Contoh Format Pelaksanaan Bimbingan TIK
Lampiran 13: Contoh Format Analisis Pelaksanaan Bimbingan TIK
Lampiran 14: Contoh Panduan Pelaksanaan Workshop TIK
Lampiran 15: Contoh Jadwal Akademik
Lampiran 16: Contoh Lampiran SK Tugas Bimbingan TIK
0 Response to "√ Aliran Pelaksanaan Kiprah Guru Tik/Kkpi Smp/Mts, Sma/Ma, Dan Smk/Mak"
Post a Comment