√ Panduan Evaluasi Ppk (Penguatan Pendidikan Karakter) Sd Dan Smp

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Panduan Penilaian Keberhasilan Penguatan Pendidikan Karakter merupakan sebuah instrumen untuk menilai keberhasilan kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah. Panduan penilaian ini merupakan anutan umum yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai alat untuk membantu sekolah mengevaluasi kegiatan dan kegiatan PPK. Sebagai anutan umum, indikator-indikator dalam panduan penilaian menunjukkan citra umum wacana apa yang perlu dinilai. Sekolah dibutuhkan sanggup menyusun anutan penilaian tersendiri yang lebih kaya dengan indikator lebih khusus sesuai dengan kebutuhan khas sekolah.

Ciri utama praksis pendidikan abjad yakni adanya otonomi moral yang didukung oleh motivasi internal individu dalam melakukan nilai-nilai moral. Dengan demikian, yang menjadi penilai yakni diri-sendiri berhadapan dengan nilai-nilai moral kemanusiaan universal yang terpapar di hadapan individu. Karena itu, seseorang akan keliru menilai kualitas pembentukan abjad seseorang jikalau hanya melihat dimensi luarnya saja. Ketika pendekatan ini diterapkan dalam sebuah forum pendidikan, forum pendidikan sebagai daerah pembentukan abjad perlu mempunyai otonomi moral kelembagaan, yang tampil dalam diri para pelaku pendidikan. Otonomi moral dalam proses penilaian PPK yang dimaksud yakni bahwa sekolah menilai diri sendiri sejauh mana keberhasilan kegiatan PPK yang telah mereka lakukan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan pendidikan (guru, siswa, orang tua, dan komite sekolah).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjukkan iman dan ruang yang luas bagi sekolah untuk jujur dan objektif menilai sendiri keberhasilan kegiatan PPK di sekolahnya. Metode koreksi diri, bisa menilai diri sendiri secara jujur dan objektif, merupakan bab dari revolusi mental kelembagaan yang dibutuhkan sanggup melahirkan praksis pendidikan yang mempunyai kualitas moral lebih kokoh. Karena itu, otonomi sekolah untuk menilai keberhasilan PPK lebih diutamakan daripada penilaian oleh instansi atau pelaku lain di luar sekolah, menyerupai pengawas dari Dinas Pendidikan atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Penilaian kegiatan PPK dilakukan di unit sekolah dilakukan secara berkesinambungan, komprehensif, objektif, jujur dan transparan, serta melibatkan para pemangku kepentingan pendidikan yang relevan. Secara berkesinambungan berarti proses penilaian dilakukan secara rutin, reguler, dan bersiklus dengan baik. Objektif berarti proses penilaian dilakukan sesuai dengan data dan fakta. Jujur berarti proses penilaian dilakukan dengan mengutamakan nilai-nilai kebenaran, tidak memanipulasi data dan fakta. Transparan berarti proses penilaian sanggup diverifikasi oleh pihak-pihak lain dan dilaporkan kepada seluruh pemangku kepentingan pendidikan.

Indikator keberhasilan penilaian PPK dilakukan dengan mengacu pada kriteria pengembangan pendidikan abjad utuh dan menyeluruh menurut proses pengembangan dari tahap awal hingga evaluasi. Karena itu, pada tahap awal, sekolah diminta menciptakan penilaian awal (asesmen awal) pada tahap persiapan untuk menilai titik awal kondisi forum pendidikan sebelum diadakan PPK. Kondisi awal ini perlu dipetakan untuk melihat perkembangan-perkembangan yang ada sehabis kegiatan PPK diterapkan.

Penilaian keberhasilan PPK dilakukan secara internal yang melibatkan pemangku kepentingan (kepala sekolah, guru, wali murid, dan komite sekolah) dan secara eksternal sanggup dilakukan oleh pihak-pihak dari luar sekolah yang mempunyai kepentingan bersama untuk menyukseskan pelaksanaan Gerakan PPK di sekolah, contohnya tim penilai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayan, Dinas Pendidikan, dan pengawas.

Penilaian dilakukan dengan mendasarkan diri pada Panduan Penilaian PPK. Panduan Penilaian PPK merupakan indikator minimal yang merepresentasikan tata cara pengelolaan dan implementasi PPK sesuai dengan prinsip-prinsip implementasi PPK. Panduan Penilaian PPK dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai contoh untuk menyebarkan penilaian PPK di sekolah.

Download/unduh selengkapnya Panduan Penilaian PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) sanggup diunduh pada tautan yang tersedia di bawah daftar ini berikut:

Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
PENDAHULUAN
A. Tujuan Asesmen
B. Asesmen Awal
C. Prinsip-prinsip Penilaian
D. Metode Penilaian
E. Penilai PPK
F. Instrumen Penilaian PPK
G. Cara Menghitung Skor PP
H. Cara Membaca Skor Penilaian PPK
DAFTAR ISI
PENUTUP

0 Response to "√ Panduan Evaluasi Ppk (Penguatan Pendidikan Karakter) Sd Dan Smp"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel