√ Daripada Waktu Dihabiskan Untuk Mengeluh, Sebaiknya Dipakai Untuk Beristirahat

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Secara manusiawi, mengeluh menjadi hal lumrah yang terjadi pada kita, hal tersebut terjadi lantaran adanya reaksi  untuk menyatakan susah (karena penderitaan, kesakitan, kekecewaan, dan sebagainya) dalam kehidupan ini.

Beberapa alasannya yaitu mengeluh ini terjadi lantaran beberapa hal di antaranya lantaran adanya beban kiprah dan pekerjaan yang berat, sakit, kehilangan, kerugian, dan kekecewaan, maupun beberapa insiden yang kita anggap merugikan diri-sendiri tersebut.

Namun, dalam meraih kualitas hidup yang lebih baik, tentu mengeluh merupakan sesuatu penyikapan diri yang kurang bijak, di mana bersyukur, sabar, nrimo menjadi sifat-sifat baik untuk mengatasi aneka ragam keluhan ini.




Selain hal tersebut di atas, jikalau pun pada ketika kondisi lelah, sebagai pejuang tangguh kehidupan, hendaknya kita lebih sanggup sampaumur dalam menimalisir atau bahkan menghilangkan keluhan. Berbagai keluhan biasanya terluapkan melalui pembicaraan / curhat dengan teman erat atau bahkan disampaikan ke khalayak umum (publik) melalui media umum kita. Apakah ini akan mengurangi rasa keluh dan kesah tersebut? Tentu tidak, namun justru akan semakin mengorek rasa sakit pada luka yang sedang kita dera.

Lalu apa sih saja baik untuk kita lakukan untuk mengatasi ketika kita ingin mengeluh, yang pertama tentu saja hal baik yang perlu dilakukan ketika kita ingin mengeluh yaitu introspeksi diri, penilaian diri, kemudian sampaikanlah kepada Allah SWT bukan keluhannya namun permohonan ampun atas segala dosa dan kesalahan, kemudian panjatkan do’a kepada-Nya dengan ketulusan, penerimaan, dan keikhlasan atas segala yang terjadi pada kita ketika ini, dan mohonkan kekuatan, kesabaran, perlindungan, sehingga kita sanggup terbebas dari jeratan rasa berkeluh-kesah ini.

Selain itu, daripada kita menghabiskan waktu untuk mengeluh lebih baik dipakai waktu tersebut untuk beristirahat, sehabis itu lakukan usaha, do’a, dan lanjutkan hidup dengan lebih sampaumur dan bijak... Semoga bermanfaat dan terimakasih... ...!

0 Response to "√ Daripada Waktu Dihabiskan Untuk Mengeluh, Sebaiknya Dipakai Untuk Beristirahat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel